Komunitas Defacer Indonesia


 

IndeksPortalFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 4 Tahun Lagi, Lalu-lintas IP Global Capai O,5 ZB

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
ascii
Admin
Admin


Jumlah posting : 379
Join date : 18.04.08

PostSubyek: 4 Tahun Lagi, Lalu-lintas IP Global Capai O,5 ZB   Thu Jul 31, 2008 8:36 am

JAKARTA - Proyeksi Cisco VNI mengindikasikan lalu-lintas IP akan meningkat kumulatif per tahun sebesar 46 persen dari 2007 sampai 2012, atau hampir dua kali lipat setiap dua tahun.

Cisco Visual Networking Index (VNI) Forecast untuk tahun 2007-2012 telah dikeluarkan. Riset ini melaporkan temuan penting dalam tren penggunaan jaringan berbasis IP oleh konsumer dan pelaku bisnis yang didorong oleh peningkatan besar penggunaan video, jejaring sosial Web 2.0 dan aplikasi untuk kolaborasi.

Kombinasi dari teknologi ini menunjukkan apa yang disebuat dengan visual networking, atau penggunaan jaringan yang bisa terlihat. Berdasarkan analisa Cisco dan riset dari analis independent, laporan ini digunakan untuk melihat bagaimana pertumbuhan dan penggunaan jaringan IP di seluruh dunia ke depannya.

Proyeksi Cisco VNI mengindikasikan lalu-lintas IP akan meningkat kumulatif per tahun sebesar 46 persen dari 2007 sampai 2012, atau hampir dua kali lipat setiap dua tahun. Hal ini menimbulkan permintaan akan bandwidth pertahunnya pada jaringan IP dunia, diperkirakan 522 exabyte, atau lebih dari setengah zettabyte (0,5 ZB).

Di pasar konsumer, komunikasi lewat video dan hiburan video online, termasuk jejaring sosial, memicu kenaikan lalu-lintas video dalam jaringan. Pada tahun 2012, lalu-lintas video Internet saja akan mencapai 400 kali lebih besar dari lalu-lintas yang melalui Internet backbone Amerika Serikat pada tahun 2000. Seperti diperlihatkan dalam tren ini, video Internet dalam lalu-lintas Internet konsumer dunia naik dari 12 persen di tahun 2006 ke 22 persen di tahun 2007. Diperkirakan pada tahun 2012, lalu-lintas IP konsumer dunia 90 persennya akan dipenuhi oleh video on demand, IPTV, peer-to-peer (P2P) video dan video Internet.

Sedangkan lalu-lintas IP bisnis di dunia diperkirakan tumbuh kumulatif 35 persen per tahun dari 2007 sampai 2012. Penetrasi broadband yang sampai ke segmen binis kecil dan peningkatan pemakaian komunikasi video canggih (seperti Cisco TelePresence) di perusahaan berskala enterprise adalah pendorong utama pertumbuhan ini. Lalu-lintas IP di pengguna bisnis akan tumbuh pesat di kawasan pasar berkembang dan Asia Pasifik. Dalam volume, Amerika Utara akan tetap dilalui lalu-lintas IP untuk bisnis tertinggi di tahun 2012, diikuti oleh Asia Pasifik dan Eropa Barat.

Lalu temuan lain dalam laporan ini adalah lalu-lintas IP seluruh dunia akan mencapai 44 exabytes tiap bulan di tahun 2012, dibandingkan dengan kurang dari tujuh exabytes di tahun 2007. Jika dibandingkan, lalu-lintas IP global di tahun 2002 adalah lima exabytes yang berarti volume lalu-lintas IP di tahun 2012 adalah 100 kali lebih besar. Lalu-lintas IP global bulanan di bulan Desember tahun 2012 akan lebih tinggi 11 exabytes dibandingkan Desember tahun 2011, atau kenaikan dalam satu tahun melampaui kenaikan dalam delapan tahun sejak tahun 2000. Lalu-lintas data mobile diperkirakan akan berlipat dua setiap tahunnya dari tahun 2008 sampai 2012.

"Pemanfaatan visual networking yang meluas memberikan sumbangan besar dalam lonjakan lalu-lintas IP, baik untuk konsumer maupun pelaku bisnis di seluruh dunia. Baru beberapa tahun belakangan terdengar kata ?exabyte? yang sebelumnya belum pernah terdengar. Bagaimanapun, melihat lonjakan besar di tahun-tahun mendatang, pada tahun 2012 kita harus sekali lagi memperbarui kosa kata yang kita miliki. Akan muncul kata zettabyte," ujar Ichwan F Agus, service provider director Cisco Systems Indonesia melalui siaran pers, Selasa (1/7/2008).


sumber : okezone.com
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
4 Tahun Lagi, Lalu-lintas IP Global Capai O,5 ZB
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Peraturan Perundangan Berlalu-lintas
» Tips Apabila Kena tilang
» Ninja Safety Patrol ! (Pasal 258 UU No.22/2009)
» mintol lagi dong!
» Global Warming itu pembodohan massal!

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
::Gorontalo Defacer Community:: :: General Topic :: Information Technology and Security-
Navigasi: