Komunitas Defacer Indonesia


 

IndeksPortalFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 NETWORKING...

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
S4NT4
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 13
Join date : 25.05.08
Age : 31
Lokasi : NEVERLAND but in leningrad now..

PostSubyek: NETWORKING...   Sat Jul 19, 2008 12:03 pm

apa ga ada yang ngbahas dari basic yah???

tuh kan ada banyak gitu...

hubungan nya yang sampe binnary dan lain-2 gitu loh.

kan biar enak pemahaman nya om-2 semua.

ayo..ayo..

ehehehehe..sok tau yah aku niy???

ehehehehe...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
S4NT4
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 13
Join date : 25.05.08
Age : 31
Lokasi : NEVERLAND but in leningrad now..

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Mon Jul 21, 2008 5:23 am

Moga aja ga da yang salah nih...

PENGERTIAN JARINGAN komputer kira-kira satu kum[ulan beberapa komputer yang terhubung dengan memakai aturan-2 tertentu.

Dan bagaimana terhubungnga komputer bisa dengan media gelombang radio, infrared, satelit ato media fisik kaya kabel.

Dan dengan bebagai jenis jaringan berdasarkan AREA:

-LAN (LOCAL AREA NETWORK_ jenis jaringan yang ada di satu tempat dengan jangkauan dan area yang terbatas kaya warnet ama kantor.

-MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK) pengembangan dari jaringan LAN dengan jangkauan yang lebih luas misalnya antar kota.

-WAN (WIDE AREA NETWORK) denga jangkaun yang lebih luas kaya propinsi, negara ato pun benua. Mungkin kabel bawah laut tuh di pasang buat ini kali yah??

Kalo dari akses data adanya:

-CLIENT dan SERVER jadi ada satu kompi yang jadi server terus kompi laen jadi client(workstation. Biasanya si server jadi bos gede yang isa masuk sana-sini.

-PEER TO PEER yang ga perlu server secara khusus karena masing-masing kompi bisa jadi server ato jadi client.

Topologi ato konfigurasi to bagaimana kita hubungin kompi-2 tu sampe jadi satu jaringan.

Ni ada dikit konfigurasi:

-Konfigurasu BUS:

Kompi server dan kompi client di hubungin secara paralel dengan satu kabel tunggal. Konfigurasi yang gampang di kembangin terus simple tapi kalo salah satu kompi koit tu bisa ngaruh ke yang laen.



-Konfigurasi RING:

Agak mirip ama BUS tapi uamh ini ujung-ujung nya konek jadi bulet gitu. Data berjalan satu arah..semua kompi di konfigurasi ini jadi bagian yang satu yang kalo salah satu kompi koit ya sama semua jaringan juga bermasalah.



_KOnfigurasi BINTANG:

Tiap kompi client konek langsung lewat HUB/SWITCH. Bisa di kemabngin ni jadi banyak konfigurasi kalo kita pake konfigurasi bintang ini. Jadi bisa di gabung-2 gitu..jadi na enak bsia pake beberapa konfigurasi lewat konfigurasi bintang itu. Gambar nya nanti aja..males edit na.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
cr4wl3r
I'am Not Hacker
I'am Not Hacker


Jumlah posting : 373
Join date : 18.04.08
Age : 30
Lokasi : In Your Mind

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Fri Jul 25, 2008 7:48 am

wuih mantap topologinya Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://gorontalodefacer.forumandco.com
S4NT4
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 13
Join date : 25.05.08
Age : 31
Lokasi : NEVERLAND but in leningrad now..

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Sat Jul 26, 2008 3:57 am

nanti aja gambar nya yang satu..lagi males ngedit nya.

ya nambah apa yang bisa di tambah di networking...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
EA Ngel
Lamer
Lamer


Jumlah posting : 53
Join date : 13.05.08

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Sat Jul 26, 2008 4:13 am

gambarnya lucu Laughing Laughing Laughing

Nice Share
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
exnome
Script Kiddies
Script Kiddies


Jumlah posting : 157
Join date : 15.05.08
Age : 31
Lokasi : Belakang Proxy

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Sun Jul 27, 2008 3:04 am

nice share ...
mngkn yg laennya bisa menambahkan ttg networking slanjutnya .... misalnya address ipv4/ipv6, subnet, dll....

study study study
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
bL4Ck_3n91n3
MotherFucker!?
MotherFucker!?


Jumlah posting : 568
Join date : 18.04.08

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Sun Jul 27, 2008 3:14 am

klo topologi bintang gimana tuh

_________________
What da fuck!!! are u looking for!?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://bl4ckb0t.co.cc
S4NT4
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 13
Join date : 25.05.08
Age : 31
Lokasi : NEVERLAND but in leningrad now..

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Tue Jul 29, 2008 1:47 am

iyah....mana tuh yang IPV6 dll...

nanti aja minggu depan yang bintang...males ngedit. ni cuma buka-2 FS aja nunggu keajaiban cewek gwa bales...eeeeeeeeeeeee..ga OL-2 dah seminggu.

ntar mau tulis-2 lagi itung-2nya soal TCP/IP ama subnetting...

Mr. C where are you????
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Mr.C
Admin
Admin


Jumlah posting : 37
Join date : 13.05.08

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Tue Jul 29, 2008 8:08 pm

hi santa.. I am here...

buat semuanya nih ada sedikit bacaan mengenai networking.. kalo kebanyakan maaf yah... Very Happy:D


Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.

Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. (Lihat Gambar 1.) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.


Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2., dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan per-paduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus di-distribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.


Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Mr.C
Admin
Admin


Jumlah posting : 37
Join date : 13.05.08

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Tue Jul 29, 2008 8:16 pm

Protokol
Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data. Protokol-Protokol yang dikenal adalah sebagai berikut :
1. Ethernet
2. Local Talk
3. Token Ring
4. FDDI
5. ATM



Protocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan, Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer mem-perhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih komputer akan mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih. kadangkala dua buah komputer me-lakukan transmisi pada saat yang sama, ketika hal ini terjadi, masing-masing komputer akan mundur dan akan menunggu kesempatan secara acak untuk mentransmisi-kan data kembali. metode ini dikenal dengan koalisi, dan tidak akan ber-pengaruh pada kecepatan transmisi dari network.

Protokol Ethernet dapat digunakan untuk pada model jaringan Garis lurus , Bintang, atau Pohon . Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optic pada kecepatan 10 Mbps.

LocalTalk
LocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD.. Adapter LocalTalk dan cable twisted pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer melewati port serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi secara jaringan peer-to-peer tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus. Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus, Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair. Kekurangan yang paling mencolok yaitu kecepatan transmisinya. Kecepatan transmisinya hanya 230 Kbps.

Protokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin . Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer.

Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.

Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Mr.C
Admin
Admin


Jumlah posting : 37
Join date : 13.05.08

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Tue Jul 29, 2008 8:18 pm

Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan yang menghubung-kan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh. Metode aksesnya yang digunakan oleh FDDI adalah model token. FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik.

Proses transmisi baiasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua.

Sebuah keuntungan dari FDDI adalah kecepatan dengan menggunakan fiber optic cable pada
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Mr.C
Admin
Admin


Jumlah posting : 37
Join date : 13.05.08

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Tue Jul 29, 2008 8:24 pm

karena santa udah menjelaskan ttg topologi bus, ring dan star...

gw tinggal tambahkan aja yah....



Topologi Jaringan Mesh
Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

Topologi Jaringan Bintang (Star)
Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar. atau topologi bintang ini adalah menghubungkan beberapa unit komputer dalam satu jaringan berbentuk seperti bintang/star.
Komunikasi data yang terjadi pada topologi Star ini adalah terpusat pada satu pengontrol komunikasi data. Pusat dari komunikasi data tersebut disebut server dan komputer lainnya di sebut klien/client.

Kelebihan :
-Kerusakan pada satu saluran tidak mengganggu saluran lainnya
-Tingkat keamanan termasuk tinggi
-Tahan terhadap kesibukan lalulintas data dalam jaringan
-Penambahan maupun pengurangan stasiun tidak mengganggu stasiun lainnya
-Mudah dalam mendeteksi kesalahan
-Mudah dalam perawatan jaringan

Kerugian :
-Boros kabel
-Perlu adanya penangan khusus
-Hub menjadi elemen yg sangat kritis

Topologi Jaringan Pohon (Tree)
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Mr.C
Admin
Admin


Jumlah posting : 37
Join date : 13.05.08

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Tue Jul 29, 2008 8:27 pm

nih ada sedikit tambahan mengenai Topologi Jaringan Cincin (Ring)

Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral. Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem. Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan bertipe bus dan pohon (tree), hal ini karena alasan kerumitan, kemudahan instalasi dan pemeliharaan serta harga yang harus dibayar. Tapi hanya jaringan bertipe pohon (tree) saja yang diakui kehandalannya karena putusnya salah satu kabel pada client, tidak akan mempengaruhi hubungan client yang lain.

thanx to/source: hitechnews, Hendri Piran
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
S4NT4
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 13
Join date : 25.05.08
Age : 31
Lokasi : NEVERLAND but in leningrad now..

PostSubyek: Re: NETWORKING...   Wed Jul 30, 2008 4:37 am

wah..Mr. C na baru nongol.

ya itu tuh..tambah keyen tambah panjang bleh!!

bagus..gus..gus..!!!

we always give you some gift!!!

Mr. C mintak tutor ASM donk...tapi kek na salah ngpost ntar di marahin admin pula tanya nya disini.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: NETWORKING...   Today at 4:36 am

Kembali Ke Atas Go down
 
NETWORKING...
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
::Gorontalo Defacer Community:: :: General Topic :: Networking-
Navigasi: